• Minggu, 4 Desember 2022

Lestarikan Budaya Bangsa Melalui Festival OHARA

- Senin, 21 November 2022 | 14:32 WIB
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa

 

BOGOR, Antimetri – Setelah beristirahat selama tiga tahun akibat pandemi, Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA) hadir kembali mengajak pemuda terbaik bangsa melestarikan budaya. Ajang perlombaan tahunan ini kembali dihelat oleh SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa selama 2 (dua) hari, pada Rabu dan Kamis (16-17 November 2022). Seperti pada perhelatan sebelum-sebelumnya, acara ini digelar untuk menguatkan semangat kepemudaan zilenial terhadap budaya Nusantara.

Rangkaian perlombaan dibuka pada Rabu (16/11/2022) pagi, di kawasan SMART Ekselensia, di Jl. Raya Parung No.KM, Kemang, Kec. Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pembukaan OHARA 2022 ditandai dengan bunyi goyangan alat musik angklung oleh Direktur Dakwah, Budaya & Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa Ahmad Shonhaji dan beberapa tamu undangan lainnya. Hadir juga dalam acara pembukaan ini, Kepala Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa Mulyadi Saputra, Perwakilan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dinas Desa Jampang, Tim Pengawas Sekolah.

Dalam sambutannya, Mulyadi Saputra mengatakan, dengan mengusung tema “KolaborAksi Ragam Budaya Nusantara”, OHARA 2022 tampil lebih segar dengan tujuan meningkatkan kreativitas pemuda dalam mengkolaborasikan keragaman budaya Nusantara. Hal ini guna mendorong para pelajar sekolah menengah di seluruh Indonesia mengenal budaya dan mencintai Indonesia.

"OHARA menjadi salah satu ikhtiar SMART Ekselensia Indonesia merawat serta melestarikan budaya Indonesia," ucapnya.

Senada dengan itu, Ahmad Shonhaji menyatakan keyakinannya jika OHARA ialah wadah terbaik bagi pemuda, khususnya pelajar, dalam mengekspresikan diri demi menjaga budaya bangsa. Selain itu, ajang ini juga sebagai bentuk sarana memasyarakatkan ilmu humaniora, memperkuat ketahanan budaya Nusantara pada generasi muda, serta pembentukan karakter pemuda bangsa melalui kompetisi-kompetisi bertema humaniora.

Berbeda dengan perhelatan tahun-tahun sebelumnya. Masih dalam nuansa peringatan hari santri, OHARA kali ini berkolaborasi dengan IDEAL. IDEAL merupakan ajang kompetisi bagi para santri dengan ajang perlombaan keagamaan yang diselenggarakan oleh Ekselensia Tahfidzh School. Oleh itu, materi-materi perlombaannya pun bernuansa keislaman.

Perlombaan yang diadakan pada perhelatan OHARA 2022 ini di antaranya adalah: Festival Akulturasi Kuliner Nusantara (FAKN), Opera Van Jampang (OVJ), Lintas Nusantara (LINTARA), Story Telling berbahasa Arab & Inggris, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Kreativitas Konten TikTok bernuansa kearifan lokal, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), dan Laga Futsal. Ada juga satu lomba bagi para guru yaitu Inovasi Media Pembelajaran Guru.

Penambahan inovasi perlombaan pun berbanding lurus dengan meningkatkan kepesertaan siswa dan sekolah. Sebanyak 77 sekolah tingkat SMP dan 83 sekolah tingkat SMA datang dari segala penjuru Nusantara. Tercatat, peserta yang datang mengikuti OHARA 2022 ini sebanyak 602 siswa didampingi oleh 149 guru.

Ahmad Dimas, Selaku Ketua Panitia OHARA 2022 mengatakan, para peserta datang dari berbagai daerah. Memang yang terbanyak dari sekolah di sekitar Jabodetabek. Sebagian juga datang dari luar daerah, seperti Yogyakarta, Makassar, Sulawesi Selatan, dan Lamongan, Jawa Timur. Mereka sangat antusias mengikuti setiap lomba.

Halaman:

Editor: Edy Susanto

Tags

Terkini

X