• Minggu, 4 Desember 2022

Piala Dunia Qatar yang Beradab

- Rabu, 23 November 2022 | 08:07 WIB
Anwar Abbas
Anwar Abbas

 

Jakarta, Antimetri - Penyelenggaraan sepak bola dunia di Qatar tahun 2022 benar-benar menyentak perhatian masyarakat internasional karena sikap tegas dari pemerintah dan rakyat Qatar yang meminta para peserta dan pengunjung piala dunia agar menghormati budaya serta nilai-nilai luhur yang mereka junjung tinggi.

Hal itu disampaikan oleh Buya Anwar Abbas sebagai Wakil Ketua MUI Pusat saat mengomentari penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar hampir sebulan kedepan ini.

Menurut Buya Anwar, sedikitnya ada tiga hal yang diminta oleh tuan rumah untuk diperhatikan dan dihormati oleh semua pihak yaitu :

Pertama, agar para peserta dan pengunjung piala dunia menghormati budaya masyarakat Qatar yang memandang LGBT sebagai sebuah perbuatan yang tidak bermoral.

Kedua, agar para peserta dan pengunjung menghindari pembelian dan merayakan kemenangan timnya dengan minum-minuman keras.

Ketiga, agar para peserta dan pengunjung memakai pakaian yang sopan yang menutup bahu dan lutut dan kepada yang melanggar berpotensi diusir dari gedung-gedung pemerintah, pasar, dan kompleks-kompleks perbelanjaan.

“Hal-hal seperti ini tentu jelas sangat patut kita apresiasi dan hormati karena tuan rumah tampak dengan jelas ingin menjaga budaya dan nilai-nilai luhur yang mereka miliki karena mereka tidak mau dengan kehadiran pesta sepakbola dunia tersebut, akhlak dan moralitas dari warga bangsanya akan menjadi rusak,” ujar Buya Anwar Abbas pada Selasa, (22/11/2022).

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan untuk itu kepada para peserta dan pengujung piala dunia di Qatar 2022 serta kepada masyarakat dunia kita minta agar bisa menghormati dan menjunjung tinggi budaya dan nilai-nilai luhur dari masyarakat Qatar supaya rakyat Qatar tetap bisa menjadi dirinya dan dengan kepribadiannya setelah pesta akbar bola dunia tersebut selesai.

Halaman:

Editor: Edy Susanto

Tags

Terkini

X