Mantan Menteri Agama Maladewa dan Rombongan Menyambangi Kantor MUI Pusat

- Kamis, 12 Januari 2023 | 15:52 WIB
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan

Jakarta, Antimetri - Sekjen MUI, Buya Amirsyah Tambunan menyambut hangat kunjungan Mantan Menteri Agama Maladewa Dr. Mohamed Shaheen Ali Saeed dan rombongan di kantor MUI (11/1/23).

Beliau menyampaikan pesan Presiden Maladewa, Ibrahim Mohamed Solih untuk meningkatkan hubungan Bilateral kedua negara. Pesan ini sebagai tindaklajut dari pembicaraan Duta Besar RI untuk Maladewa (non-residen), Dewi Gustina Tobing, pasca upacara penyerahan surat-surat kepercayaan (17/5/2022). Buya Amiryah mendorong agar Dubes Dewi mampu peningkatan hubungan antar masyarakat atau people-to-people relations.

“Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan Maladewa mayoritas beragam Islam terdapat hubungan sejarah, budaya yang terjalin sejak lama akan menjadi kekuatan dalam meningkatkan aktifitas people-to-people" kata Buya Amirsyah.

Kedua negara penting melakukan peningkatan hubungan perdagangan. “Volume perdagangan Indonesia-Maladewa data (2021) senilai US$ 40,8 juta, dengan surplus bagi Indonesia sebesar US$ 39,5 juta.

Seperti diketahui Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) di Samudra Hindia.

Posisi negara sebagai destinasi pariwisata terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota. Maladewa merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia serta berpenduduk 100 persen beragama Islam masjid sekitar 1000.Untuk itu kedepan perlu kerjasama peningkatan bidang pendidikan, kebudayaan, dakwah.

Kedua negara harus saling memperkuat sektor ekonomi melalui wisata halal dan kuliner halal karena potensi perikanan yang besar. Karena Negara ini sangat dikenal memiliki banyak pantai yang indah dan pemandangan bawah laut yang menarik ± 700.000 turis setiap tahunnya karena potensi parisata dan hasil pengelolaan ikan sehingga menjadikan Maladewa salah satu eksportir ikan ke beberapa negara Asia dan Eropa.

Dr. M.S. Ali Saeed selain mantan Menag Maladewa juga pendiri Hajj Corporation, Islamic Bank, Waqaf Fund Maladewa. Dia sekarang juga salah satu penasehat Bank Central Maladewa.

 

Halaman:

Editor: Edy Susanto

Tags

Terkini

Sekjen MUI : Ukhuwah Itu Wajib, Bukan Pilihan

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:51 WIB

Maluku Utara Nasibmu Kini dan di Masa Depan

Kamis, 26 Januari 2023 | 01:48 WIB

Sekjen MUI Ajak Semua Pihak Perkuat Kiprah LSP MUI

Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:53 WIB
X