Mencetak dan Melahirkan Kader Angkatan Muda Muhammadiyah yang Unggul dan Berkemajuan

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:45 WIB
Kader Angkatan Muda Muhammadiyah
Kader Angkatan Muda Muhammadiyah

Jakarta, Antimetri - Sekjen MUI, Buya Amirsyah Tambunan diminta menyampaikan Tausiyah di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) dalam rangka Musyarah Daerah (Musda) bersama Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah bersama Pimpinan Daerah Naisyiyatul Aisiyah (NA) pada, Sabtu (14/1/23).

Buya Amirsyah menegaskan bahwa tema yang digagas panitia menarik: Kader Muda Mencerahkan Semesta Menuju Kota Tangerang Unggul dan Berkemajuan.

Untuk menjadi kader yang mencerahkan para mahasiswa dan pemuda harus memiliki lima kecerdasan; pertama, kecerdasan intelektual yang dimiliki pemuda, tidak sekedar cerdas mengali dan menambah, akan tetapi juga harus ahli membagi dalam berbagai hal seperti peran dalam menggerakkan organisasi Pemuda dan NA dalam ber Muhammadiyah.

Kedua, kecerdasan spritual yakni mampu meningkatkan kualitas iman dalam menghadapi berbagai tantangan dengan memperkuat doa kepada Allah;

Ketiga, kecerdasan emosional yakni kemampuan mengendalikan emosi sehingga kader muda mampu berfastabiqul khoirots dalam meraih kesuksesan;

Keempat, kecerdasan sosial yakni kemampuan menata kehidupan bermasyarakat yang baik (khiro ummah) sebagaimana perintah Allah QS Ali Imran 110 :
كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ

Artinya: Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.

Kelima, kecerdasan entrepreneur adalah individu yang bisa menciptakan bisnis yang baru, bersedia menanggung sebagian besar risiko, dan sebagai imbalannya bisa menikmati sebagian besar keuntungannya. Di negara maju harus 30 % dari total penduduk, sementara Indonesia berkisar 3-4 persen dari total penduduk.

Oleh sebab itu Buya Amirsyah mengajak agar pegiat media sosial harus aktif menggunakan media secara produktif sehingga terhindar dari fitnah, adu domba, hoax dan penyalahgunaan bentuk lainnya. Ini merupakan bagian dari tugas Pemuda dan NA untuk mewujudkan Tangerang menjadi unggul dan berkemajuan pungkasnya.

Halaman:

Editor: Edy Susanto

Sumber: Muhammadiyah

Tags

Terkini

Sekjen MUI : Ukhuwah Itu Wajib, Bukan Pilihan

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:51 WIB

Maluku Utara Nasibmu Kini dan di Masa Depan

Kamis, 26 Januari 2023 | 01:48 WIB

Sekjen MUI Ajak Semua Pihak Perkuat Kiprah LSP MUI

Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:53 WIB
X