Bintal TNI AD Kunjungi Kantor MUI Pusat Guna Perkuat Mental Ideologi Tentara

- Kamis, 19 Januari 2023 | 10:31 WIB
TNI dan MUI
TNI dan MUI

Jakarta, Panjimas - Brigjen TNI Nur Salam, selaku Kadisbintal TNI AD beserta rombongan bersilaturrahmi ke MUI (18/1/23) dalam rangka meminta saran dan masukan MUI untuk memperkuat pembinaan mental Ideologi, perjuangan, dan ruhani bagi aparat TNI.

Untuk pembinaan mental rohani diantaranya Islam, pihak TNI bekerja sama dengan MUI. "Sebaliknya TNI bersedia membantu MU BuI seperti kebutuhan untuk penceramah dan pembinaan mental di TNI dalam hal ini pembinaan mental dan rohani," tutur Nur.

Hadir beserta rombongan Letkol. Arifin, Kolonel D. Setiawan, Kolonel Sinthu, Letkol Tiara Indah.

Ketua MUI, Kiyai Sholahudin Al Ayubi juga menyambut hangat kehadiran TNI, dirinya menegaskan bahwa TNI salah satu bagian dari pendiri MUI, agar tugas MUI sebagai pelayan Umat, mitra pemerintah dan memiliki 11 Komisi dan 19 Badan/Lembaga di MUI ini.

Bentuk kemitraan MUI telah melakukan salah satu tugas MUI melalui DSN yang berkordinasi dengan Lembaga Lembaga keuangan pemerintah, lalu ada lembaga syariah dan yang fokus mengurus Halal yakni LPPOM MUI yang hingga kini masih exis memperoleh kepercayaan masyarakat.

Selanjutnya kata Ayub bahwa MUI semenjak tahun 2015 terus menerus mendakwahkan Islam Wasathiyah (Islam Moderat), untuk menangkal pemahaman Radikalisme fan Fundamentalisme.

Dalam hal ini MUI sudah membuat Panduan untuk Islam Wasathiyah dan Kebangsaan. Lebih lajut kata Ayub MUI Siap Bersama sama mendakwahkan Islam Wasathiyah bersama sama TNI.

Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan megharapkan ketika penyampaian sambutan keagamaan di berbagai forum cukup satu salam pembuka sesuai dari agama masing masing tidak perlu adanya gabungan dengan salam pembuka semua agama, karena ini merupakan bentuk ke Bhinekaan untuk menjaga perbedaan.

Misalnya sebagai tokoh Islam salam pembuka Assalamu’alaikum Wr, Wr. Jadi tidak perlu dengan salam pembuka om suastiastu, namo budaya, dll. Buya Amirsyah mengingatkan bahwa TNI yang berada di Garda terdepan untuk menjaga Indonesia dari gangguan kekuatan dan ideologi kiri dalam bentuk liberalisme dan Komunisme, dimana kekuatan yang di bangun selama ini sebagai jalan tengah (Pancasila) untuk menangkal kekuatan Komunis dan Liberal.

Halaman:

Editor: Edy Susanto

Tags

Terkini

Sekjen MUI : Ukhuwah Itu Wajib, Bukan Pilihan

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:51 WIB

Maluku Utara Nasibmu Kini dan di Masa Depan

Kamis, 26 Januari 2023 | 01:48 WIB

Sekjen MUI Ajak Semua Pihak Perkuat Kiprah LSP MUI

Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:53 WIB
X