Sekjen MUI Ajak Semua Pihak Perkuat Kiprah LSP MUI

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:53 WIB
LSP MUI
LSP MUI

 

Jakarta, Panjimas - Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak didirikan dari tahun 2020 telah mendapat lisensi BNSP dengan nomor : BNSP-LSP-1644-ID. Awalnya hanya dua bidang sertifikasi yang dijalankan LSP MUI yakni ekonomi syariah, penjaminan halal.

Dalam sejarah perkembangannya LSP MUI merupakan gabungan dari dua LSP yang sudah ada sebelumnya di MUI, yaitu LSP LPPOM MUI dan LSP DSN MUI sejak 2017 sudah berdiri LSP LPPOM MUI dengan lisensi dari BNSP nomor: BNSP-LSP-664-ID.

Saat ini LSP MUI terus berkiprah sesuai tuntutan masyarakat dan kepentingan dunia usaha mulai dari pertama, sertifikasi LSP LPPOM MUI bidang penjaminan halal; kedua, sertifikasi Auditor Halal, ketiga, Penyelia Halal. Secara terpisah dengan LSP DSN MUI didirikan pada bulan Mei tahun 2017 dan mendapat lisensi dari BNSP nomor: BNSP-LSP-744-ID, dengan ruang lingkup sertifikasi di bidang ekonomi syariah, yaitu sertifikasi pada profesi Pengawas Syariah di Lembaga Keuangan Syariah kata Aminudin Yakub

Untuk itu MUI melakukan penggabungan LSP MUI guna merespon mulai diberlakukannya UU Jaminan Produk Halal (JPH), dimana dalam UU tersebut MUI mendapat mandat untuk melakukan sertifikasi Auditor Halal yang harus dilakukan Sertifikasi kompetensi bagi para Auditor Halal.

Lebih lanjut kata Aminudin sertifikasi Halal harus memiliki Auditor Halal sebagai saksi dan wakil dari Komisi Fatwa MUI. Auditor Halal merupakan perpanjangan tangan Komisi Fatwa MUI untuk melakukan audit dan pemeriksaan produk yang laporan hasil auditnya menjadi prinsip bagi Komisi Fatwa dalam menetapkan kehalalan suatu produk.

Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Auditor Halal oleh LSP MUI mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Auditor Halal No 266 Tahun 2019.

Berdasarkan SKKNI tersebut LSP MUI membuat Skema pelaksanaan uji kompetensi (assessment) untuk Auditor Halal dan telah diverifikasi oleh BNSP.

Dalam proses pelaksanaan sertifikasi profesi, Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan menekankan pentingnya optimisme untuk meningkatkan kualitas dan kualifikasi LSP MUI menuju Class internasional dengan melibatkan beberapa pemangku kepentingan seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), BPJPH, Asosiasi Profesi dan Industri seperti ASBISINDO, Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Asosiasi Flavor dan Fragran Indonesia (AFFI), dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), dan lainnya.

Halaman:

Editor: Edy Susanto

Tags

Terkini

Sekjen MUI : Ukhuwah Itu Wajib, Bukan Pilihan

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:51 WIB

Maluku Utara Nasibmu Kini dan di Masa Depan

Kamis, 26 Januari 2023 | 01:48 WIB

Sekjen MUI Ajak Semua Pihak Perkuat Kiprah LSP MUI

Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:53 WIB
X