Ada yang Mainkan Harga, Drh Slamet Curigai Adanya Mafia Beras

- Senin, 23 Januari 2023 | 11:58 WIB

Jakarta, Antimetri - Indikasi keterlibatan mafia terkait masih tingginya harga beras menjadi perhatian serius dari anggota komisi IV DPR RI Fraksi PKS, drh Slamet. Ia menuturkan sejak awal dirinya sudah mencurigai keterlibatan mafia yang menyebabkan belum turunnya harga beras pada tingkat konsumen padahal beras impor sudah masuk dan Bulog sudah melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga.

"Secara pribadi saya sudah mencurigai adanya mafia beras ini sejak akhir tahun 2022 kemarin. pasalnya beras impor sudah masuk namun harga tidak kunjung menurun," ungkap Slamet di Jakarta, Senin (23/1/2023).

Politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini bahkan meminta pemerintah untuk mengaudit semua gudang-gudang perusahaan besar untuk mengetahui aliran stok beras dari mana dan kemana stok beras itu mereka jalankan.

"Saya pada forum paripurna DPR kemarin sudah meminta pemerintah untuk mengaudit gudang-gudang beras milik pengusaha besar. Semoga ini dapat menjadi atensi serius pemerintah," tegasnya.

Slamet juga meminta Bulog untuk mengevaluasi seluruh jajarannya mengingat besarnya potensi keterlibatan karyawan Perum Bulog dalam rente beras. Jika terbukti terlibat dan bersalah harus dipecat secara tidak hormat. Selain itu satgas pangan juga harus mampu mengusut tuntas para mafia lainnya dan membawanya ke ranah hukum serta diberi hukuman yang maksimal agar ada efek jera.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso kembali bersuara terkait adanya mafia beras yang memainkan harga beras Bulog sehingga menjadi mahal. Dimana seharusnya harga beras medium dari Bulog itu dijual Rp 8.300 per kilogram ke pedagang, akan tetapi harga yang didapatkan pada tingkat pedagang jauh lebih tinggi atau lebih mahal.

Editor: Edy Susanto

Tags

Terkini

Sekjen MUI : Ukhuwah Itu Wajib, Bukan Pilihan

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:51 WIB

Maluku Utara Nasibmu Kini dan di Masa Depan

Kamis, 26 Januari 2023 | 01:48 WIB

Sekjen MUI Ajak Semua Pihak Perkuat Kiprah LSP MUI

Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:53 WIB
X